Monday, May 22, 2017

5 Cara Jitu Mengatasi Tidak Bisa Screenshot Di Android

Tags
Mengatasi Tidak Bisa Menyimpan Screenshot Di Android

Mengatasi Tidak Bisa Screenshot Di Android - Screenshot atau mengambil tangkapan layar di android adalah hal yang sudah biasa terjadi oleh pengguna. Screenshot biasanya dilakukan untuk merekam aktifitas baik dalam bentuk gambar maupun video.

Untuk mengambil tangkapan layar anda cuma menekan tombol power + volume down dan untuk pengguna hp samsung menekan tombol power + home secara bersamaan.


Saat kita menekan tombol power + volume down secara bersamaan tiba-tiba muncul pesan error could'nt capture screenshot atau tidak dapat mengambil tangkapan layar. Pastinya kita akan bertanya-tanya bagaimana cara mengantisipasi  screenshot yang tidak dapat disimpan? Untuk itu Zona Android akan menyajikan teknik ampuh mengatasi tidak bisa screenshot pada android.

  1. Restart Ponsel

    Tips pertama cara memperbaiki screenshot yang rusak, dengan melakukan restart hp android anda. Anda hanya menekan tombol power agak lama lalu pilih restart atau matikan ulang. Jika cara ini masih belum efektif anda bisa melakukan cara selanjutnya.
  2. Memori Penuh

    Mungkin penyebab tidak bisa screenshot dikarenakan kapasitas memori sudah penuh. Untuk solusinya anda cukup menghapus file-file yang tidak penting atau mengalihkan file ke perangkat lain seperti laptop, komptuter atau perangkat lainnya.
  3. Beralih Ke Aplikasi Screenshot Lain

    Di Google playstore sudah banyak tersedia berbagai aplikasi untuk mengambil tangkapan layar, jadi tinggal pilih sesuai kebutuhan kalian.
  4. Tidak Ada Folder Screenshots

    Salah satu penyebab tidak dapat menyimpan sceenshot bisa jadi tidak adanya folder "Screenshots". Bila anda belum memiliki folder "Screenshots", buatlah terlebih dahulu folder "Pictures" lalu saat didalam folder "Pictures" anda buat folder "Screenshots". Untuk pengguna xiaomi sedikit berbeda yaitu "sdcard/DCIM/screenshot".
  5. Hapus Dalvik Cache

    Jika masih tidak bisa screenshot di android, mungkin dengan menghapus dalvik cache bisa mengatasi screenshot error.
    1. Masuk ke CWM Mode
    2. Pilih Advance
    3. Klik wipe dalvik cache
    4. Setelah itu reboot ponsel anda

Demikian yang bisa Zona Android sampaikan dalam artikel ini mengenai 5 cara jitu mengatasi tidak bisa screenshot di android. Mudah-mudahan setelah mencoba tutorial ini anda bisa melakukan aktifitas mengambil tangkapan layar seperti biasa lagi

Artikel Terkait

5 komentar

Seringkali hp ane kalau screenshot lambat nyekrennya menurut ente ap penyebabnya

Nice info gan, kebetulan hp gak bisa buat SS juga

pantes kemaren ane gabisa ss


EmoticonEmoticon