Thursday, May 25, 2017

Ponsel Android Kamu Bootloop? Begini Cara Mengatasinya

Tags
Penyebab dan Cara mengatasi Bootloop Dengan Mudah

Mengatasi Bootloop - Ponsel android menawarkan berbagai macam spesifikasi yang mumpuni tetapi terkadang terjadi masalah yang tidak ketahui penyebabnya. Salah satu masalah yang sering terjadi pada ponsel android yaitu gagal booting atau bootloop.

Apa Itu Bootloop Atau Gagal Booting?

Bootloop merupakan suatu keadaan dimana hp android tidak dapat melakukan proses booting sehingga ponsel anda tidak dapat masuk ke menu utama dan hanya diam/stuck pada logo ponsel.

Penyebab terjadinya android anda bootloop bermacam-macam seperti gagal rooting, merubah Sistem UI (User Interface) atau setelah anda mengganti custom rom. Android yang mengalami gagal booting akan mereboot secara terus-menerus dan tidak dapat masuk ke menu utama smartphone.

Biasanya pengguna yang mengalami bootlop ini adalah orang yang sedang belajar atau ingin mencoba sesuatu hal yang baru terhadap ponsel android mereka sendiri. Ada 3 jenis bootloop android yaitu:
  1. Light Bootloop
  2. Medium Bootloop
  3. Hard Bootloop

Nah pastinya pengguna android akan bertanya-tanya mengapa android saya hanya menampilkan logo ponsel? kenapa hp saya tidak masuk ke menu utama? bagaimana cara mengatasi bootloop android? Untuk itu Zona Android akan memberikan tips mengantisipasi masalah gagal booting dengan mudah.

  1. Light Bootloop

    Salah satu masalah bootloop yang masih tergolong ringan. Biasanya terjadi saat kita bermain game atau menginstall aplikasi tiba-tiba hp kita merestart sendiri. Akan tetapi smartphone android hanya menampilkan logo saja.
    Cara mengatasi
    Untuk solusinya anda cuman melepas baterai dan memasang kembali. Lalu nyalakan android anda, dan hp anda akan kembali ke kondisi semula.
  2. Medium Bootloop

    Masalah bootloop ini sering terjadi karena pengguna android mencoba masuk kedalam recovery mode dan mengotak-ngatik fitur yang ada didalamnya sehingga smartphone mengalami bootloop.
    Cara Mengatasi
    Sebelum mengutak-ngatik fitur recovery mode sebaiknya backup ROM terlebih dahulu supaya jika terjadi permasalahan dapat merestore. Jika belum membackup ROM hp, anda bisa mencari custom rom di google sesuai tipe ponsel "Download custom rom coolpad e560".
  3. Hard Bootloop

    Yang terakhir hard bootloop, masalah ini yang paling parah akibat pengguna mengganti custom rom atau upgrade os.
    Cara Mengatasi
    Anda bisa menggunakan PC untuk melakukan flasing rom atau bisa melakukan faktory reset/wipe data.

Untuk cara melakukan faktory reset melalui recovery mode bisa dilihat dibawah ini.
  1. Patikan baterai anda minimal 70%
  2. Matikan handphone
  3. Tekan power + volume up atau power + volume up + home secara bersamaan setelah itu anda masuk ke recovery mode
  4. Pilih Faktory reset/wipe data
  5. Tekan power atau home untuk memulai proses
  6. Reboot ponsel anda
Demikan yang bisa saya sampaikan dalam artikel ini mengenai penyebab terjadinya bootloop dan cara mengatasinya dengan mudah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon