Saturday, May 27, 2017

4 Tips Melindungi Ponsel Dari Pencurian Data

Tags
Tips Melindungi Ponsel Dari Pencurian Data

4 Tips Melindungi Ponsel Dari Pencurian Data - Ponsel yang terhubung dengan internet akan sangat mudah menjadi sasaran bagi para hacker. Jika ponsel tidak melakukan pembaharuan software atau firmware maka dapat membuka celah pada smartphone tersebut.

Para pengguna smartphone memang menjadi sasaran bagi para pelaku kejahatan siber. Karena banyak pengguna, yang menyimpan data-data penting di dalam ponsel pintar mereka.

Data ataupun informasi penting yang biasa disimpan pada ponsel seperti data keuangan, file pekerjaan, maupun dokumen yang bersifat pribadi. Dari sekian data yang ada pada handphone, data keuanganlah yang paling diincar para pelaku kejahatan cyber.


Untuk itu kita harus mengamankan ponsel kita dari kejahatan penyadapan data.

#1 Mengaktifkan fitur enkripsi pada ponsel

Tips pertama untuk melindungi ponsel dari kejahatan cyber dengan mengaktifkan fitur enkripsi pada ponsel. Fitur ini nantinya dapat mengubah file menjadi kode serta angka secara acak. Jika android kita mengalami pencurian data, maka data-data yang ada di dalamnya sudah terenkripsi

#2 Mengamankan Aplikasi Chatting

Aplikasi chatting memang menjadi salah satu aplikasi yang sangat sering digunakan, bahkan untuk keperluan bisnis pun bisa digunakan. Selain itu, pastinya banyak percakapan penting yang terdapat pada aplikasi chatting kita. Untuk itulah kita harus mengamankan ponsel, supaya semua percakapan kita tetap aman.

Beberapa aplikasi chatting, biasanya sudah menyediakan fitur enkripsi untuk percakapan. Sehingga percakapan yang kita lakukan, akan diterjemahkan ke dalam kode serta angka yang sulit dipecahkan.

#3 mengaktifkan 2 faktor otentikasi

Untuk dapat menggunakan ponsel memang dibutuhkan akun email. Karena akun email inilah yang menjadi identitas si pemilik ponsel. Jadi ada baiknya ketika ingin memasukan akun email, harus menggunakan 2 langkah otentikasi.

Cara ini berguna supaya akun email kita tidak mudah dibobol dan tidak mudah diretas oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Jadi meskipun peretas berhasil mengetahui password akun email kita, setidaknya masih ada langkah otentikasi kedua yang harus dilewati.

#4 Jangan Gunakan WIFI Publik

Jika anda menggunakan fasilitas wifi gratis usahakan jangan menyangkut hal yang bersifat pribadi atau sedang melakukan kegiatan transaksi karena data-data tersebut dapat ditracking oleh pengguna wifi yang satu jaringan dengan kamu.

Itulah 4 tips untuk melindungi ponsel kamu supaya terhindar dari pencurian data oleh para hacker. Semoga tips ini dapat mencegah terjadinya pencurian data.
Sekian dan Terima Kasih...

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon